Saya pribadi sangat interest dan mendukung dengan visi berikut misinya. Dalam sebuah milis “panas”, pernah saya lantunkan melodi yang senada. Analoginya waktu itu dengan gambaran 100 orang 10-15 tahun ke depan, sebagai berikut (tanpa melihat urutan) :
– 10 orang bidang hukum
– 10 orang bidang ekonomi
– 10 orang bidang pertahanan
– 10 orang bidang keamanan
– 10 orang bidang pendidikan
– 10 orang bidang budaya
– 10 orang bidang kesehatan
– 10 orang bidang teknologi
– 10 orang bidang kepemudaan dan olah raga
– 10 orang bidang lain-lain

100 orang tadi memiliki visi yang sama, yaitu visi nasional membangun Indonesia, sehingga dalam setiap pergerakannya, di setiap bidang masing2, tidak melenceng dari tujuan akhir yang ingin diraih. Dashyatnya, 100 orang ini berkolaborasi dalam sebuah jaringan yang sama, sebut saja jaringan kebangsaan.

Dalam sebuah jaringan, menurut saya, tidak mempedulikan apapun latar belakang profesi, politik, ras-agama, dll. masing2 anggotanya/ pengawaknya, yang penting jelas visinya sama, tercermin dari bagaimana aktualisasi ekspresinya dalam bidangnya. Dan namanya jaringan, akan semakin meluas.

Tiap-anggotanya mengamati lingkungannya, siapa2 yang cocok terekrut dalam jaringan kebangsaan ini, sekali lagi tanpa melihat latar belakang tetek bengek tadi, direkrut. Yang tidak cocok, ditinggalkan. Dan sekalipun yang sudah ada di dalam jaringan lantas visinya menjadi berbeda disimpulkan dari indikasi dan simpulan yang terkoordinasi, dibuang.

Dari mimpi ini, saya lemparkan pertanyaan pada diri sendiri. Akankah ikastara mengawali jaringan kebangsaan yang seperti ini? Dan saya berandai, seandainya ya!

…tidak mustahil akselerasi kemajuan Indonesia masih sempat kita rasakan…10-15 tahun ke depan.

Mangapa angka itu yang muncul? parameter usia kita, usia kematangan produktivitas dan optimalisasi kiprah di bidangnya, berjenjang, terdukung terus oleh generasi2 ikastara berikutnya.

Ok, visi mulia bagi Indonesia dengan misi jaringan kebangsaan…dengan bangga dan penuh doa, dengan segala keterbatasan berikut apa2 yang bisa saya lakukan..SAYA DUKUNG!

Advertisements